Selasa, 21 Januari 2014

Hidup Sehat




Adakah orang yang tidak mau sehat?
Tentu tidak. Semua orang pasti ingin hidup dengan sehat baik sehat jasmani maupun rohani. Kita hendaknya selalu memelihara kesehatan jasmani dan rohani dengan sebaik-baiknya agar kita mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan lahir dan batin.
Salah satu cara untuk mewujudkan hidup sehat adalah dengan berolahraga secara teratur. Misalnya di sekolah kita seminggu sekali selalu berolahraga. Meskipun hanya dilakukan sekali dalam seminggu, tetapi kegiatan ini dapat menyehatkan badan. Khasiat berolahraga secara teratur diantaranya adalah:
1.       Menguatkan jantung,
2.       Mengatur perjalanan nafas sampai ke paru-paru,
3.       Mengatur peredaran darah,
4.       Menguatkan otot,
5.       Menyempurnakan perkerjaan otak,
6.       Memperlancar metabolisme tubuh.
Selain berolahraga yang teratur, kita harus membiasakan diri untuk menjaga kebersihan makanan dan minuman. Kita harus memperhatikan kandungan makanan dan minuman yang kita makan dan minum. Selain itu, makanaan yang kita makan harus bersih dan jangan makan terlalu banyak karena segala sesuatu yang melebihi batas akan mendatangkan kemudhorotan. Dan air yang kita minumpun juga harus air yang bersih, sudah dimasak terlebih dahulu.
Perhatikan pula waktu istirahat kita. Kita sering kali melupakan waktu istirahat. Sebenarnya waktu istirahat juga penting. Kita harus beristirahat atau tidur dengan cukup dan teratur. Jangan membiasakan tidur larut malam dan bangun terlalu siang. Menurut kesehatan waktu istirahat atau tidur yang baik adalah delapan jam dan tanpa putus.
Jadi berolahraga teratur, mengonsumsi makanan dan minuman yang bersih serta istirahat yang cukup dan teratur dapat membuat badan kita sehat. Maka kita sebaiknya menerapkan tiga hal ini dalam kehidupan yang sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar