Rabu, 29 Januari 2014

Trik Iai Ulang Semangat Ibadah

1.      1. Ziarah kubur
Ziarah kubur akan selalu mengingatkan kita  pada kematian sehingga kita akan bersemangat dalam beribadah. Namun waspadai juga ziarah kubur yang bisa mengubah niat kita. Kalau sampai salah bisa malah menyesatkan kita, bisa membawa kita ke kesyirikan.
2.      2. Memperteman si taqwa
Teman akan banyak memberi pengaruh pada kita. Maka jangan sampai salah dalam memilih teman. Berteman dan bergaul dengan orang  bertakwa akan menularkan kebaikan kepada kita. Bahkan bisa mengobarkan semangat ibadahnya kepada kita.
Rosulullah saw. telah memberikan panduan kita dalam berteman dalam berteman. “Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang yang taqwa dan orangyang jelek adalah seperti berteman dengan pemilikminyak misk dan pandai besi. Jika kamu tidak mendapat minyak misk darinya, kamu bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika kamu tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal kamu kebagian bau yang tidak enak. ” (Al-Bukhari)
3.     3. Selalu mendekati Al Qur’an
Membaca ayat-ayat Al Qur’an akan dapat menenangkan hati kita. Kita tidak akan merasa berat dalam menjalankan segala beban hidup kita. Sehingga kita akan lebih tenag dalam menjalankan segala sesuatu termasuk dalam beribadah. Dan jika kita membaca terjemahnya, dan terlebih tafsirnya. Kita akan merasakan bagaimana keadaan-keadaan beberapa tahun lalu seperti perjuangan-perjuangan Nabi dan rosul kita.
4.      4. Ingat selalu kengerian di hari akhir
Dengan mengingat akan kengerian di hari akhir, kita akan senantiasa menjaga diri kita dari perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya. Dan kita juga akan mendorong kita untuk menjalankan semua perintah-Nya. Sehingga dapat menumbuhkan kembali semangat ibadah kita.
5.      5. Memohon pertolongan kepada Allah swt.
Memohonlah pertolongan kepada Allah swt. agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari segala bujuk rayu syetan. Yakinlah hanya Allah lahyang mampu menolong kita.
6.      6. Bayangkan kematian datang mendadak
Berakhirnya hidup manusia tidak ada yang tahu, dan tidak ada yang bisa menentukan. Hanya Allah lah yang mengetahuinya.  Jika kita selalu mengingat kematian yang mendadak tentunya kita akan berusaha beribadah maksimal karena kita akan takut akai padn hal itu terjadi pada kita.

1 komentar:

Fauria Fa'Ayyinallah mengatakan...

Isi ulang semangat ketika telah menurun
dan tingkatkan semangat terus

Posting Komentar