Rabu, 22 Januari 2014

SENGATAN LEBAH ATASI AIDS


 
Produk alami yang dihasilkan oleh lebah madu kelewat legendaris. Sebut saja diantaranya adalah madu, propolis, malam, dan royal jelly. Manusia memanfaatkan beragam produk lebah sebagai makanan hingga pengobatan sejak ribuan tahun. Terapi dengan berbagai produk lebah sering disebut dengan ‘apiterapi’ . Tentang madu, propolis sudah banyak yang mengenalnya. Namun ada lagi bagian lain dari lebah yang dimanfaatkan untuk pengobatan tarapi yaitu sengat lebah.
Awalnya terapi sengat lebah dikenal di China dan Timur Tengah, khususnya Mesir. Terapi ini merupakan salah satu bentuk modifikasi akupunktur, namun dengan menggunakan lebah atau yang disebut dengan bee acupuncture. Apitoxin adalah racun lebah ( Bee Venom) yang dihasilkan oleh lebah madu pekerja. Jenis lebahnya bisa Apis mellifera, Apis cerana atau Apis dorsata. Apitoxin tersebut disekresikan oleh kelenjar racun ( poison gland) dalam bentuk cairan bening dengan bau tajam, rasa pahit, aroma spesifik, berkreasi asam dengan berat jenis 11313, dan cepat kering dalam temperatur kamar.
Kabarnya ada 120 komponen kimia aktif yang terdapat pada racun lebah, namun baru 40-an yang sudah terdeteksi. Diantaranya 11 peptida, 5 enzim, 3 amine, karbohidrat, lemak, dan asam amino. Peptida yang paling berperan adalah melittin,apamin,Mast Cell, degranulating peptida dan adolapin. Komponen zat tersebut akan berfungsi sebagai anti radang, anti jamur, anti bakteri, anti pyretic serta merangsang hormon ACTH. Hormon ACTH dapat merangsang cortex adrenal untuk memproduksi hormon kortison. Mellitin yang dihasilaknoleh lebahmemiliki aktivitas anti bakteri yang kuat dan tahan terhadap penisilin serta anti reumetik.
Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Washington University Scholl Of Medicine, melaporkan bahwa nanopartikel yang berisi racun sengat lebah mellitin bisa merusak sel HIV ( Human Immunodeficiency Virus) tanpa mempengaruhi sel-sel tubuh yang tidak terserang. Tim Peneliti Pusat Studi Pelebahan, lembaga penyakit tropik universitas Airlangga Surabaya juga melakukan terapi sengat lebah ini untuk membunuh HIV di dalam tubuh.
Jadi terdapat terobosan baru untuk pengobatan AIDS, dimana yang biasa penderita AIDS divonis sulit penyembuhannya.  

0 komentar:

Posting Komentar