Jumat, 24 Januari 2014

Ilmu Manfaat



Assalamu’alaikum.....
Hai sobatku yang dirahmati oleh Allah swt., kali ini kita akan membahas mengenai ilmu yang manfaat dan mampu memberi syafa’at. Pernahkah kalian mendengar seseorang yang mengeluh mengenai ilmunya? Ilmu yang telah dipelajari seakan-akan hilang tanpa bekas, tidak dapat memberi manfaat dan syafa’at. Hal yang demikian ini bukan ilmunya yang tidak memberi manfaat, tetapi bagi pelajarnyalah yang tidak mampu memanfaatkan ilmu dengan baik.
Tentunya kita menginginkan agar ilmu yang telah kita pelajari bisa bermanfaat bagi kita maupun orang-orang di sekitar kita. Oleh karena itu, dalam mencari ilmu kita harus mengingat 5 hal berikut :
1.   1. Patuh kepada guru
Guru adalah orang yang memberikan ilmu kepada kita. Kalau kita tidak patuh kepada guru, pasti guru itu sedih bahkan mungkin bisa kesal. Akibatnya guru tersebut tidak dapat memberikan ilmu yang beliau dimiliki secara maksimal. Selain itu, kita tidak akan mendapat ridho dari guru. Hal ini dapat mempersulit jalan kita untuk memetik ilmu yang diberikan.
2. 2. Pintar dan cerdas
Maksudnya kita harus mempunyai motivasi untuk menjadi pandai dan cerdas serta mudah memahami segala sesuatu yang kita terima.
3 3. Berbagi pengetahuan yang kita miliki dengan orang lain
      4. Sabar
Segala sesuatu tidak mungkin bisa kita dapatkan dengan mudah. Tentu diperlukan suatu usaha dan kerja keras. Dan dalam proses inilah kita harus bersabar. Jika hari ini tidak bisa yakin hari esok kita pasti bisa. Sebagian kata mutiara Man shabara zafira yang berarti barang siapa yang bersabar akan beruntung.
5.      5.  Berdoa
Berdoa merupakan puncak dari segalanya. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rosulullah saw., Beliau selalu berdoa “Ya Allah, anugrahkanlah manfaat kepadaku terhadap apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku. Dan ajarkanlah kepadaku segala hal yang bermanfaat untukku dan tambahkanlah ilmu bagiku”

0 komentar:

Posting Komentar